Temukan berbagai resep ramuan stroke hanya di terapiherbalstroke.blogspot.com

Waspada Garam, Hindari Stroke

Info Stroke - Waspada garam hindari stroke. Artikel tentang stroke kali ini akan mengulas tentang bahaya garam terhadap stroke. Pengetahuan ini penting anda ketahui agar bisa mendapatkan penjelasan secara ilmiah hubungan garam dan penyakit stroke. Berikut penjelasannya secara rinci dan detil:

Garam Sebabkan Stroke
Garam Sebabkan Stroke

Hubungan Garam, Hipertensi dan Stroke

Hubungan Garam dan Hipertensi

Hipertensi/tekanan darah tinggi bisa dikatakan 'pembunuh berdarah dingin' karena jenis penyakit ini acap kali datang tanpa gejala apapun. Tahukah anda garam selalu menjadi kambing hitam ketika seseorang mengidap hipertensi?

Sekarang ini kita sulit menemukan jenis makanan tanpa garam, kecuali mengolahnya sendiri. Padahal bagi penderita hipertensi cenderung diberi pantangan agar tidak mengkonsumsi garam. Enak tidak enak, penderita hipertensi harus membiasakan diri untuk makan tanpa garam.

Selama sehat, dari sekian banyak garam yang kita konsumsi akan terakumulasi menjadi penyakit hipertensi. Gangguan yang terjadi adalah melemahkan kinerja fungsi jantung dan ginjal. Untuk mengetahui cara garam menstimulasi tekanan darah tinggi maka kita perlu mengenal apa itu tekanan darah tinggi/hipertensi. Hipertensi adalah keadaan dimana darah yang mengalir dalam pembuluh darah lebih cepat dan keras dari yang seharusnya.

Sebagai catatan, jangan lantas menganggap keberadaan garam tidak penting bagi tubuh. Justru garam dalam jumlah normal sangat baik untuk menahan cairan ketika cuaca panas atau sehabis olahraga, tubuh bisa dengan mudah mengeluarkan cairan keringat.


Dalam kasus jika garam yang dikonsumsi berlebihan, ginjal yang bertugas untuk mengolah garam justru menahan cairan lebih banyak daripada yang seharusnya di dalam tubuh. Banyaknya cairan yang tertahan menyebabkan pembuluh darah membawa lebih banyak cairan.

Beban ekstra yang dibawa oleh pembuluh darah inilah yang menyebabkan pembuluh darah bekerja ekstra yakni adanya peningkatan tekanan darah di dalam dinding pembuluh darah.

Hubungan Hipertensi dan Stroke


Hubungan Hipertensi dengan Stroke
Hubungan Hipertensi dengan Stroke
Sering terjadi ketika seseorang terkena serangan stroke, diawali sakit kepala dan nyeri tengkuk tanpa disertai gejala berarti. Bisa anda bayangkan sendiri, hanya sakit kepala atau nyeri tengkuk saja. Bukankah nyeri tengkuk atau sakit kepala bisa diakibatkan karena keletihan? Tapi siapa yang menduga jika berakhir dengan stroke.

Banyak orang menyepelekan atau menyederhanakan hal-hal kecil seperti di atas. Jika anda tahu, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi memiliki gejala seperti sakit kepala, nyeri tengkuk, emosional (pemarah) dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan tekanan darah naik di atas normal, yaitu di atas 140/90 mmHg.

Tekanan darah setiap saat bisa berfluktuasi. Bisa turun atau naik (meninggi), terutama jika konsumsi garam berlebihan. Di awal tadi sudah dijelaskan hubungan antara garam dan hipertensi. Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar tekanan yang diderita oleh dinding pembuluh darah. Jika tekanan sedemikian tingginya, maka pembuluh darah dapat pecah, terutama pembuluh darah kecil yang berdinding lebih tipis.

Seperti banyak penjelasan di blog ini, stroke adalah kondisi dimana pasokan darah ke jaringan otak terhenti. Penyebab utamanya ada dua, yaitu akibat sumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Tekanan darah yang tinggi pada hipertensi akan memicu pecahnya pembuluh darah otak. Pada gilirannya, jaringan otak akan rusak dan timbul gejala-gejala stroke. Stroke akibat hipertensi termasuk ke dalam stroke hemoragik, atau stroke perdarahan.Perlu diketahui bahwa hipertensi hanyalah salah satu penyebab stroke, diantara berbagai macam penyebab stroke lainnya.

Stroke akibat garam berlebih
Stroke akibat garam berlebih

Dari uraian panjang di atas bisa dijelaskan secara ilmiah bahwa sudah sepantasnya untuk mewaspadai garam untuk menghindari stroke. Kurangi konsumsi garam berlebih agar terhindar dari hipertensi yang pada akhirnya bisa mengakibatkan serangan stroke akibat pecahnya pembuluh darah.
Labels: Stroke Hipertensi, Tentang Stroke

Thanks for reading Waspada Garam, Hindari Stroke. Please share...!

0 Comment for "Waspada Garam, Hindari Stroke"

SPAM, langsung delete. Berkomentarlah sesuai topik yang dibahas.

Back To Top