Temukan berbagai resep ramuan stroke hanya di terapiherbalstroke.blogspot.com

Gejala Stroke Bisa Diakibatkan dari Kesehatan Gigi

Gejala Stroke Bisa Diakibatkan dari Kesehatan Gigi
Terapi dan Ramuan Herbal Stroke. Gejala stroke bisa disebabkan banyak hal termasuk kesehatan gigi anda. Apa hubungannya gigi dengan stroke?

Anda masih ingat dengan pelawak kondang Leysus? Awalnya hanya karena sakit gigi biasa. Setelah proses tambal gigi, malah mengakibatkan bengkak. Beberapa kali Leysus datang ke dokter gigi dengan resep obat tentunya, namun bengkaknya tak kunjung sembuh, justru semakin parah.

Anehnya, mendadak Leysus merasakan kaki dan tangannya lemas. bicaranya pun cedal dan positif terkena gejala stroke.

Stroke Leysus, Berawal dari Sakit Gigi

Dokter yang sempat merawat Leysus memperkuat bahwa Leysus mengidap penyakit kanker otak yang dipicu oleh giginya yang terinfeksi.

Teori Focal Infeksi, demikian menyebutnya bahwa infeksi di rongga mulut bertanggung jawab atas berbagai penyakit, termasuk stroke.

Gigi dan rongga mulut dapat menjadi sumber mikroorganisme penyebab penyakit ke bagian tubuh lain.

Jumlah bakteri di rongga mulut banyak sekali. Namun tidak semuanya membahayakan. Justru sebagian bermanfaat bagi kondisi mulut.

Bakteri yang potensial menimbulkan penyakit gigi yaitu golongan bakteri anaerob gram negatif. Seperti, P.Gingivalis, B.Intermedius, dan A. Actinomycetemcommitans. Bakteri tadi sangat dominan pada radang gusi dan sekitar ujung akar gigi sampai terjadi bengkak bernanah seperti yang dialami Leysus.

Penyebaran lewat darah

Bakteri rongga mulut dapat menyebar melalui aliran darah (bakteriemia). Bagian yang menyebar bisa bakteri itu sendiri atau pun racun yang dihasilkan (endotoxin/ exotoxin).

Pada kondisi kesehatan mulut normal, jumlah bakteri fakultatif hanya sebagian kecil dan tidak membahayakan ke dalam aliran darah.

Berbeda jika kebersihan mulut/ gigi jelek. Jumlah bakteri akan meningkat 2-10 kali lipat. Dengan kata lain, jumlah bakteriema pun meningkat.

Penyakit Periodontal

Antara gigi dan gusi sebenarnya tidak saling melekat erat. Terdapat celah sekitar 2mm yang disebut sebagai kantung gusi (sulcus gingiva). Daerah inilah yang paling rentan terjadinya infeksi bakteri dan peradangan yang mengakitkan penyakit periodontal. Tanda-tanda penyakit periodontal adalah gusi menjadi berwarna merah, bengkak, mudah berdarah dan bisa disertai dengan gigi goyang.

Dari berbagai hasil penelitian, ada 17 macam penyakit sistemik yang berhubungan langsung dengan penyakit periodontal. Yakni, penyakit gula, jantung, kanker dan stroke.

Beberapa penelitian retrospektif membuktikan bahwa pasien penyakit jantung dan stroke secara umum kebersihan mulutnya lebih jelek dibanding pasien normal.

Nah, dapat disimpulkan bahwa menjaga kesehatan mulut beserta isinya termasuk gigi sangat penting. Bahwa gigi dan mulut bisa menjadi pemicu dan memperparah berbagai penyakit sistemik.




Menghilangkan Bakteri dalam Mulut

Garam sangat baik untuk mengatasi perdarahan gusi, radang gusi dan gusi bernanah. Cara kerja garam adalah menetralkan keasaman mulut dan membunuh bakteri. Caranya adalah dengan mencampurkan antara garam dan soda kue sebagai cairan untuk berkumur. Takaran yang digunakan 1;1 dalam takaran sendok teh.

Selain garam, bisa juga menggunakan daun sirih. cukup diremas-remas saja daunnya kemudian direbus dan dijadikan obat kumur.

Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan bakteri di mulut. Caranya, peraslah jeruk nipis, campurkan dengan sedikit madu lalu diminum 1-2 kali dalam sehari.

(Sebagian tulisan ini disarikan dari artikel Drg. Ahmad Syaify, SpPerio, DOsen FKG UGM).
Labels: Stroke Jantung, Tentang Stroke, Tips Penyembuhan

Thanks for reading Gejala Stroke Bisa Diakibatkan dari Kesehatan Gigi. Please share...!

0 Comment for "Gejala Stroke Bisa Diakibatkan dari Kesehatan Gigi"

SPAM, langsung delete. Berkomentarlah sesuai topik yang dibahas.

Back To Top